Rabu, 24 Maret 2010

Persahabatan Abadi

Teman dan sahabat sangat dibutuhkan manusia. Senyum saja andaikata tidak dengan temannya, bisa disangka yang tidak-tidak. Dengan teman dan sahabat tidak hanya senyum yang dapat kita lakukan, tetapi juga kerjasama, saling membantu, saling menolong, dan saling menasehati.

Dalam Islam, kita kenal ukhuwah Islamiyah ( Persaudaraan Islam ). Dalam ukhuwah, terjadi saling mengenal, saling memahami, dan saling menanggung ( ta'aruf, tafahum, takaful ). Inilah salah satu nikmat ALLAH yang besar bagi orang-orang beriman. Tiada keimanan tanpa ukhuwah, dan tiada ukhuwah tanpa keimanan. "Sesungguhnya orang-orang beriman itu bersaudara.."( Al Hujurat : 10 )

Ukhuwah adalah nikmat dan karunia dari ALLAH.

"dan ( ALLAH ) Yang mempersatukan hati mereka (orang-orang yang beriman). Walaupun kamu membelanjakan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, akan tetapi ALLAH telah mempersatukan hati mereka. Sesungguhnya Dia Maha Gagah lagi Maha Bijaksana." ( QS. Al Anfaal : 63 ).

Karena ukhuwah itu nikmat, lagi-lagi kita harus bersyukur kepada ALLAH. Ukhuwah yang sudah kita nikmati ini harus kita pelihara dengan tingkatan ukhuwah terendah, yakni shalamatushshadr ( berlapang dada, menjauhi buruk sangka ). MinimalHusnuzhon yang kita lakukan sebelum kita mencapai tingkatan tertinggi, yaitu itsar ( lebih mementingkan saudaranya daripada diri sendiri ).

Semoga nikmat ukhuwah yang sudah kita rasakan, ditambahkan oleh ALLAH. Sehingga pertemanan kita, persahabatan yang kita jalin adalah persahabatan abadi. Sebagaimana persahabatan orang-orang yang bertakwa yang bersahabat dan mencintai bukan karena kepentingan politik, bisinis, gengsi, atau jabatan. Tetapi cinta orang-orang yang bertakwa adalah karena ALLAH.

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertakwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67)

“Sesungguhnya ALLAH pada Hari Kiamat berseru, ‘Di mana orang-orang yang saling mencintai karena keagungan-KU? Pada hari ini akan AKU lindungi mereka dalam lindungan-KU, pada hari yang tidak ada perlindungan, kecuali perlindungan-KU.” (HR. Muslim)

0 komentar: